info@pm.unida.ac.id
info@pm.unida.ac.id

Harlah dan Silatnas Persatuan Perbandingan Madzhab dan Hukum Se-Indonesia (PPMHSI).

Mahasiswa PM pada rakernas ADPMH Se Indonesia 2022

PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MADZHAB UNIDA GONTOR

Mengingat pentingnya acara ini maka Prodi PM Unida Gontor mengutus 9 Mahasiswa diantaranya 4 Mahasiswa dan 5 Mahasiswi untuk menghadiri Agenda Ulang Tahun Asosiasi Mahasiswa PMH Se- indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti SEMINAR Internasional yang di inisiasi oleh Asosiasi Dosen Perbandingan Madzhab dan Hukum Se-Indonesia dan Program Studi Perbandingan Madzhab Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya.

            Adapun judul dari Seminar Internasional tersebut adalah “ The dynamics of Moderation on Religion and Schools in the midst of Social Changes Post Covid-19 Pandemic”. Dan Narasumber dari Seminar Internasioanal yang diadakan di UIN Sunan Ampel Surabaya adalah H.M.Adib Abushomad, M.Ag.,M.Ed, Ph.D, kasubdit bag akademik kemenag dan  Dr.Labib Najib Abdullah Ghalib Dosen university of Aden yaman .

            Moderasi Beragama adalah Cara Pandang, sikap, dan perilaku beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawentahkan esensi ajaran agama, yang melindungi martabat kemanusiaan, membangun kemaslahatan umum, berdasarkan prinsip adil, berimbang dan mentaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.

Adapun sikap Etika-Teologis dalam Moderasi Beragama adalah;

  1. Keimanan bahwa pencipta semua manusia (dan alam semesta) adalah Allah SWT.
  2. Keberagaman Manusia itu Keniscayaan dan ketentuan/Takdir Allah
  3. Ta’aruf (saling mengenal & mengakui eksistensi) sebagai Konsekuensi logis
  4. Tafahum (saling memahami) sebagai keharusan
  5. Tasamuh ( Saling bertoleransi ) sebagai bentuk keterbukaan
  6. Menghindari klaim kebenaran Eksklutif sebagai tindakan antisipatif
  7. Ta’adul ( Saling berbuat adil ) sebagai sikap protektif
  8. Ta’awun ( Saling Menolong ) sebagai sikap konstruktif
  9. Bina al-saqafah (Membangun Peradaban) Indonesia

Dan dari SEMINAR Internasional tersebut ada dua perwakilan dari Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor yang bertanya kepada Bapak Adib Abushomad, M.Ed, Ph.D dengan pertanyaan “ berkaitan dengan intoleran, apa makna yang sebenarnya tentang intoleran dalam islam? Apakah jika ada menteri agama, dia beragama islam kemudian ia mengucapkan selamat natal kepada umat kristen, apakah itu bagian dari intoleran?”

Dan Bapak Adib Abushomad, M.Ed menjawab, sebelum kita melakukan hal-hal yang ke arah toleransi, maka kita harus tau diri dulu siapa diri kita, dan kita mempunyai wewenang apa kita terhadap itu, kemudian ketika kita berbicara jangan mengatasnamakan diri sendiri, melainkan lembaga. Indonesia banyak sekali agama-agama, kita sebagai umat muslim menyikapi itu dengan sikap toleran.Tidak hanya agama, melainkan tradisi yang ada di masyarakat indonesia kita tidak bisa asal menghakimi melainkan harus menggali asal usul nya. Dan dijelaskan melalui ilmu.

Dan pertanyaan selanjutnya yang ditanyakan kepada Syekh Labib Najib Abdullah dengan pertanyaan “ Menyinggung masalah radikalisme, sejauh ini masyarakat masih awwam tentang radikalisme, apakah ada makna yang lebih spesifik tentang radikalisme? Misalnya seorang ulama menyampaikan isi pada Al-Quran secara terang-terangan atau apa adanya, apakah itu termasuk radikalisme?”

Setelah Seminar selesai, dilanjutkan dengan acara Forum diskusi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan atau Prodi setiap kampus yang dilakukan pada sore hari. Di acara tersebut kita membicarakan tentang bagaimana kegiatan-kegiatan yang sering dilaksanakan di setiap kampus dan program kerja yang akan dilaksanakan di waktu yang akan datang. Di akhir kata, Indonesia ini sedang terpecah dan dari kita lah sebagai anak program studi perbandingan madzhab yang harus menyatukannya dengan ilmu yang kita dapat yaitu hukum islam maupun hukum positif.

Sumber Dok PM

Leave a Reply

Sekilas PRODI Perbandingan Madzhab

Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor lahir pada tahun 1990. Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana muslim yang piawai dalam ilmu hukum islam dan hukum positif.

Artikel Terbaru

Beasiswa yang dapat diperoleh Mahasiswa Prodi Perbandingan Madzhab
13 July 2022By
Teks Khutbah Idul Adha 1443 H “Esensi ( hakikat) Cinta yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS (Khalilullah)”
12 July 2022By
Keutamaan Berpuasa Pada Hari ‘Arafah
4 July 2022By

Kalender Kegiatan