info@pm.unida.ac.id
info@pm.unida.ac.id

Seminar Ilmu Falak

PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MADZHAB UNIDA GONTOR

Ilmu Falak merupakan salah satu tema yang diangkat pada Studi Akademik tahun ini. Peserta Akademik tahun ini berasal dari mahasiswa Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor semester II dan IV yang berjumlah 23 orang mahasiswa.

Mengingat bahwa tema tentang ilmu falak sangatlah luas, pembahasan pada seminar ini hanya difokuskan pada Penentuan Waktu Sholat, Penetuan Arah Kiblat, Dan Penentuan Awal bulan Hijriyah.

Dalam hal ini, mahasiswa semester II mendatangkan salah satu pemateri dari luar, yang termasuk salah satu pakar ilmu falak di Indonesia yaitu Bapak AR Sugeng Riyadi, yang saat ini juga menjadi kepala Observatorium CASA di Assalam Solo.

Setelah menyampaikan banyak hal tentang materi ilmu falak, selanjutnya para peserta mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau yang berkaitan dengan ilmu perbintangan.

Dan Alhamdulillah, acara ini berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan sedikitpun. Semoga acara ini dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa. AMIN

Tim Review Artikel:
Dr. H. Imam Kamaluddin, Lc, M.Hum
Andini Rachmawati, M.CL
Achmad Arif, B. Sh, M.A

Tim Editor Artikel:
Haerul Akmal, M.H
Fazari Zul Hasmy Kanggas, M.H
Saepul Nasution, M.H

Leave a Reply

Sekilas PRODI Perbandingan Madzhab

Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor lahir pada tahun 1990. Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana muslim yang piawai dalam ilmu hukum islam dan hukum positif.

Artikel Terbaru

3 Pendapat Ulama Tentang Tawassul
31 March 2021By
Family Gathering Prodi PM
30 March 2021By
Seminar Ilmu Falak II
29 March 2021By

Kalender Kegiatan