info@pm.unida.ac.id
info@pm.unida.ac.id

HUKUM PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Oleh: SN

Hukum Perdagangan Internasional memuat segala prinsip yang berkaitan dengan perdagangan global. Dalam hal ini, import maupun ekspor diatur di dalamnya dengan melibatkan subjek negara-negara yang melakukan transaksi.

Apakah hukum dagang internasional ini penting?

Ya karena tidak ada suatu negara yang bisa hidup mandiri tanpa lepas dari interaksi dan transaksi dengan negara lain. Ada kalanya suatu negara membutuhkan produk barang maupun jasa dari negara lain guna memenuhi kebutuhan negaranya.

Apakah Tujuan Hukum Perdagangan Internasional?

Perlindungan kegaiatn perdagangan yang menjadi satu-satunya cara membangun ekonomi suatu negaram, Mencapai perdagangan internasional yang stabil, Menghindari kebijakan dan praktik perdagangan nasional yang merugikan negara lainnya.

Apakah prinsip-prinsip Dasar Perdagangan Internasional yang ada dalam Hukum?

Dasar Perdagangan Internasional yang ada dalam Hukum, Prinsip dasar dalam Pacta Sunt Servanda, Prinsip dasar dalam penyelesaian sengketa yang dilakukan melalui Arbitrase, Prinsip dasar dalam kebebasan berkomunikasi untuk keperluan dagang.

Dengan adanya prinsip dalam hukum ini, maka semua negara bisa memiliki hak dan kewajiban yang sama. Ketidakadilan dan kecurangan bisa dihindari melalui penerapan hukum tersebut.

Leave a Reply

Sekilas PRODI Perbandingan Madzhab

Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor lahir pada tahun 1990. Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana muslim yang piawai dalam ilmu hukum islam dan hukum positif.

Artikel Terbaru

Studi Akademik Mahasiswa Prodi PM 2023
20 March 2023By
Alur Mendapatkan Surat Keterangan Unggah Artikel Ilmiah
19 March 2023By
Masa Inputing Nilai Semester Genap T.A 2022-2023
12 March 2023By

Kalender Kegiatan