info@pm.unida.ac.id
info@pm.unida.ac.id

Ayat-Ayat Tentang Qishas

Ilustrasi Hukum Qishos

PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MADZHAB UNIDA GONTOR

Beberapa pelanggaran dalam agama Islam di tahun-tahun ini tidak semakin menurun, melainkan melesat naik jumlahnya dan pelanggaran-pelanggaran ini harus mendapatkan hukuman yang sesuai bedasarkan pelanggaran yang dilakukanya .

Berikut dibawah ini ayat-ayat seputar hukum qishas:

1.Dalam surat al-Baqarah ayat 178i-179,Allah berfirman:

”hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishas berkenaan dengan orang-orang yang di bunuh;orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita. Maka barang siapa yang dapat suatu pema’afan dari saudara nya, hendaklah (yang mema’afkan) mengikuti dengan cara yang baik , dan hendaklah (yang diberi ma’afkan) membayar (diyat) kepada yang mrmberi ma’af dengan cara yang baik (pula), dan suatu rahmat. Barang siapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang pedih. ”dan sesungguhnya dalam qishas ada (jaminan kelangsunan) kehidupan, hai orang-orang berakal supaya kamu bertaqwa”

2.dalam surat al-maidah ayat 45, Allah berfirman:

”dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At-Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa…. Barang siapa yang melepaskan (hak qishas) nya maka melepaskan hak itu (menjadi) penembus dosa bagi nya ….”

3.Dalam surat al-isra’ ayat 33, Allah berfirman:

” dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (mebunuh nya), melainkan dengan sesuatu (alasan) yang benar, dan barang siapa dibunuh dengan dzolim, maka sesungguhnya kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampui batas dalam membunuh nya. Sesungguh nya ia adalah orang yang mendapatkan pertolongan.”

Demikian hukum-hukum mengenai Qishas, semoga bermanfaat dan dapat digunaka dalam kehidupan sehari-sehari.Amin.

Tim Redaksi:
Haerul Akmal
Hauzan Fathi
Muhammad Dhanur Saputra

Leave a Reply

Sekilas PRODI Perbandingan Madzhab

Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor lahir pada tahun 1990. Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana muslim yang piawai dalam ilmu hukum islam dan hukum positif.

Artikel Terbaru

Harlah dan Silatnas Persatuan Perbandingan Madzhab dan Hukum Se-Indonesia (PPMHSI).
25 June 2022By
Raker Asosiasi Dosen Perbandingan Madzhab dan Hukum (ADPMH) Se-Indonesia 2022 (I)
25 June 2022By
Pergantian Pengurus HMP PM
19 June 2022By

Kalender Kegiatan