info@pm.unida.ac.id
info@pm.unida.ac.id

3 Pendapat Ulama Tentang Tawassul

PROGRAM STUDI PERBANDINGAN MADZHAB UNIDA GONTOR

Dalam hal tawassul, terjadi banyak perdebatan diantara kalangan banyak orang, terdapat pendapat yang membolehkan tawassul dan ada juga pendapat yang tidak membolehkannya. Assabakiy Asy Syafi’i lebih kepada membolehkan Tawassul kepada Nabi Muhammad saw, secara Ijma’. Dan bahwasanya tidak ada satupun yang menginkari pendapat ini dari kalangan salaf dan khalaf, sampai kedatangan Ibnu Taimiyyah dan beliau mengingkari tawassul kepada Nabi saw, dan beliau membatalkan perbuatan ini. Maka untuk itu, beliau memberikan tiga pendapat yang berkaitan kebolehan tawassul, yaitu sebagai berikut:

  1. Pendapat yang pertama adalah Tawassul Haram Muthlaq: pendapat ini diambil dari pendapat Imam Abu Hanifah beliau berkata: “Tawassul berarti bersumpah atas dzat Allah dan meminta terhadap dzatnya, dan perkara ini tidak pernah dilakukan oleh para sahabat, baik itu dalam meminta hujan dan lain sebagainya, baik dalam hidup mereka dan setelah kematian mereka, baik itu dikuburannya atau tidak pada kuburannya. Dan inilah yang tidak dibolehkan kepada Imam Abu Hanifah dan bahkan dilarang oleh beliau. Beliau berkata: tidaklah seseorang meminta kepada Makhluk.

    Dan madzhab ini merupakan pendapat yang rajih, sesuai dnegan dalil yang ada. Dan dalam pendapat ini terdapat salah satu bentuk kehati-hatian untuk menjaga tauhid dan menghindari al Ghuluw dalam beragama.
  2. Pendapat yang kedua adalah Tawassul yang dilakukan khusus kepada Nabi saw diperbolehkan, dan ini adalah pendapat ‘Izzuddin bin Abdi Assalam.
  3. Pendapat yang ketiga adalah pendapat Syaukani dalam kitab tuhfatu adz Dzakirin, beliau berkata bahwa pada hakekatnya, tawassul pada Nabi saw atau selain Nabi saw adalah booleh, dengan meyakini bahwa Allah saw lah yang memiliki kehendak untuk mengabulkan segala doa, dan Allah lah yang berhak untuk tidak mengabulkan.

Wallahua’alam bi Asshowab

Tim Review Artikel:
Dr. H. Imam Kamaluddin, Lc, M.Hum
Andini Rachmawati, M.CL
Achmad Arif, B. Sh, M.A

Tim Editor Artikel:
Haerul Akmal, M.H
Fazari Zul Hasmy Kanggas, M.H
Saepul Nasution, M.H

Leave a Reply

Sekilas PRODI Perbandingan Madzhab

Program Studi Perbandingan Madzhab UNIDA Gontor lahir pada tahun 1990. Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana muslim yang piawai dalam ilmu hukum islam dan hukum positif.

Artikel Terbaru

Family Gathering Prodi PM
30 March 2021By
Seminar Ilmu Falak II
29 March 2021By
Seminar Ilmu Falak
29 March 2021By

Kalender Kegiatan